Berita Terbaru

Oleh: Vania Vashti Ramadhani (ADRK 2020)   Penerapan teknologi informasi menghasilkan data dalam jumlah besar, tetapi seringkali data ini hanya digunakan untuk pembuatan laporan dasar dan bukan pelaporan yang bersifat kompleks. Untuk mengoptimalkan pendapatan dan membuat keputusan yang akurat, perusahaan perlu menggunakan data untuk membentuk skema dan model yang dapat dianalisis untuk mengidentifikasi pola dan […]

Posted in 26 Mar 2023 | readmore

Oleh: Regita Destya Putri (ADRK 2020)   Pengumpulan dan analisis data skala besar dengan cepat muncul sebagai area baru diferensiasi kompetitif. Analisis big data menjadi lebih penting dalam hal kecepatan, efisiensi, dan akurasi, mengingat bisnis pemasaran industri terus memindahkan kebutuhan pemasaran mereka secara online. Istilah big data mengacu pada pertumbuhan volume data yang lebih besar […]

Posted in 19 Mar 2023 | readmore

Oleh: Kurnia Yusa Ar Rauuf (ADRK 2020) Kepuasan pelanggan merupakan aspek penting dari setiap perusahaan. Kepuasan pelanggan dapat terbentuk jika pelanggan mendapatkan sesuai dengan apa yang diharapkan dari produk atau jasa yang digunakan (Croft & Kovach, 2012). Kualitas yang dihasilkan didapatkan dari identifikasi kondisi proses yang berlangsung dan mencari peluang perbaikan yang berkelanjutan agar harapan […]

Posted in 12 Mar 2023 | readmore

Oleh: Rahma Regina Cahyani (ADRK 2020)   FMEA (Failure Mode and Effect Anaysis) adalah sebuah teknik rekayasa yang digunakan untuk menetapkan, mengidentifikasi, dan menghilangkan kegagalan yang diketahui, permasalahan, error, dan sejenisnya dari sebuah sistem, desain, proses, dan atau jasa sebelum mencapai konsumen (Stamatis, 1995). Tujuan utama FMEA yaitu untuk menemukan serta memperbaiki permasalahan krusial yang […]

Posted in 05 Mar 2023 | readmore

Oleh: Rionaldi (ADRK 2020) Kondisi penting untuk mencapai indikator kualitas produk di tingkat modern dan stabil adalah berfungsinya sistem manajemen mutu modern. Konsep dasar dari mengelola sebuah organisasi dengan dasar prinsip sistem manajemen mutu adalah untuk memengaruhi proses, bukan hasilnya. Banyak metode manajemen mutu modern ditujukan untuk mengelola proses, menurunkan biaya penerapan, pengaplikasian yang relatif […]

Posted in 26 Feb 2023 | readmore

Oleh: Aidah Khansa Fahniar (ADRK 2020) Dashboard atau yang bisa disebut dengan visualisasi data merupakan suatu ringkasan dari data yang disajikan dalam bentuk grafik, diagram, bagan, kurva, dan lain sebagainya. Kegunaan dari dashboard atau visualisasi data sangatlah banyak, secara umum yaitu memudahkan untuk membaca suatu data dengan akurat dari suatu database yang telah dihubungkan. Penggunaan […]

Posted in 14 Feb 2023 | readmore

Oleh: Vania Vashti Ramadhani (ADRK 2020) Menurut Tiago dan Verssimo (2014), digital marketing dan data science telah mengalami perkembangan secara signifikan dalam hal kegunaan dan kelayakan finansial sejak awal abad kedua puluh satu. Hal ini menyebabkan ekosistem digital berkembang, menghubungkan orang sepanjang waktu, dan memengaruhi rutinitas dan perilaku baru mereka (Mayer-Schönberger & Cukier, 2013). Saat […]

Posted in 05 Feb 2023 | readmore